ABOUT – Teknik SEO untuk Mendominasi Mobile

Ketika Google melakukan update pada algoritma mereka untuk meningkatkan fungsi mobile, para bogger berbondong-bondong untuk mengoptimalkan situs mereka. Beragam cara dan tutorial hadir di internet untuk memberikan advice bagi banyak orang agar bisa bersaing dengan baik di ranah pengguna gadget ataupun handphone pada umumnya.

Memang jika kita terka dengan logika, saat ini pengguna mobile sudah mendominasi banyak bidang. Bahkan di Indonesia sendiri rasa-rasanya pengguna deskop bisa kalah dengan pengguna smartphone, yang mana memiliki banyak kelebihan, terutama dalam segi fungsi, bentuk, dan mobilitasnya. Oleh sebab itu, jika Anda saat ini sedang menerapkan SEO pada situs, tidak ada salahnya untuk juga mengoptimalkan SEO pada ranah mobile. Salah satunya adalah dengan menerapkan beberapa tips dan teknik SEO untuk mendominasi mobile berikut ini.

1. Benar-benar user-friendly
Pengguna mobile ketika datang ke situs Anda, satu tujuan yang paling umum, yaitu mencari informasi. Mereka tidak ingin melihat desain dari situs Anda, atau logo blog Anda. Yang mereka inginkan adalah informasi yang cepat, mudah, dan bermanfaat.

Oleh sebab itu, teknik SEO untuk mobile yang pertama adalah dengan mengoptimalkan semua fungsi dari situs Anda sesederhana mungkin. Pastikan bahwa navigasi mudah dijangkau dengan semua jenis gadget, warna dari tulisan, jenis font juga harus diperhatikan.

Poin ini juga berhubungan erat dengan speed atau kecepatan akses. Seperti yang kita tahu bersama, internet di Indonesia tidak secepat di negara-negara maju. Untuk itu, membuat blog yang dapat diakses dengan cepat adalah kebutuhan yang pokok. Optimalkan setiap ruang dari blog Anda. Hilangkan widget dan plugin yang dirasa tidak penting.

2. Responsif
Poin kedua ini masih sejalan dengan poin yang pertama. Jika situs Anda tidak memiliki versi mobile, maka pastikan bahwa themes yang digunakan responsif dalam semua jenis perangkat. Ini sangat penting, mengingat banyak sekali blog yang turun peringkat pada pencarian mobile di mesin pencari Google karena tidak mobile-friendly.

Selain desain, konten juga harus responsif. Ada 3 poin penting yang harus Anda terapkan mengenai konten ini:

A. Gunakan standar HTML5 untuk penggunaan animasi, sehingga pengguna benar-benar dapat mengeksekusi di gadget mereka.
B. Gunakan video-embedding yang memang dapat digunakan di semua jenis gadget. Jika tidak ada, maka sebaiknya jangan digunakan atau arahkan ke server yang dimaksud.
C. Gunakan gambar dengan ukuran yang tidak terlalu besar, sehingga tidak memberatkan pengguna.

3. Optimalisasi kode dan link
Beberapa serpihan kecil terkadang terlupakan oleh pemilik blog. Padahal bisa jadi itu termasuk faktor kunci yang membuat suatu konten bisa berada di awal atau akhir halaman mesin pencari. Setidaknya Anda bisa menerapkan beberapa poin penting berikut ini.

A. Pastikan Google bot bisa melakukan crawl pada bagian-bagian situs Anda, termasuk kode JavaScript, CSS, dan file dalam bentuk gambar. Cara termudah adalah dengan menggunakan salah satu fitur Google Webmaster Tools, yaitu Fetch as Google.
B. Pastikan robots.txt berjalan dengan baik.
C. Gunakan mobile emulator, semisal Android emulator untuk mencoba mengakses situs Anda di komputer.
D. Jika Anda memisahkan blog antara versi desktop dan mobile, maka pastikan hal tersebut berjalan dengan baik. Ketika seseorang mengakses situs Anda dalam versi desktop di smartphone mereka, situs Anda tersebut harus secara otomatis melakukan redirect ke versi mobile.
E. Gunakan Webmaster Tools untuk menganalisa link yang bermasalah, lalu perbaiki.

4. Membuat aplikasi mobile
Anda bisa membuat aplikasi Android atau Apple agar pengunjung bisa mengakses situs Anda jauh lebih cepat. Selanjutnya promosikan aplikasi tersebut dengan cara membuat banner ataupun text di blog Anda.